Kapal Feri Terbakar di Perairan Sungsang, 109 Orang Selamat

PALEMBANG, SIMBUR – Kapal Gunsa 8  mengalami insiden kebakaran di ambang luar Sungsang, Kabupaten Banyuasin II, Banyuasin, pada Senin (12/7) sekitar pukul 16.26 WIB. Basarnas Palembang menerjunkan 6 personel Rescue KKP Palembang dan 4 crew ABK KN Setyki.

Peristiwa tersebut diketahui dari Kantor Basarnas Pangkal Pinang melalui sinyal distress atau sinyal bahaya di ambang luar Sungsang, Kabupaten Banyuasin 2. Petugas diterjunkan ke lokasi kejadian untuk melakukan evakuasi atau rescue. Selain itu dibantu rubber boat, RIB, alat selam dan peralatan medis, untuk mendukung operasi sar.

Kakansar Basarnas Palembang, Heri Marantika SH MSi  mengatakan, sebanyak 109 orang penumpang kapal Bunsa VIII berhasil selamat dievakuasi.  “Para penumpang ini dievakuasi ke KMP Muthis, lalu dibawa ke Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, dalam keadaan selamat. Kemudian untuk pemadaman juga dikerahkan KMP Legundis, sekitar pukul 19.10 WIB, api dapat dipadamkan,” ungkapnya.

Setibanya di Pelabuhan Tanjung Kalian Muntok, para penumbang diberi bantuan medis. “Dari 109 penumpang ini terdiri dari 84 penumpang dewasa, 6 anak-anak, serta 19 crew.

“Setelah penumpang dievakuasi, api dipadamkan, kemudian EPIRB atau emergency position indicating radio beacon dari KMP Gunsa VIII juga dapat dimatikan pukul 22.50 WIB. Dilakukan Tim Rescue Kansar Palembang bersama Polair Polda Babel dan crew KMP Gunsa VIII,” terang Eks Kakansar Pontianak ini.

Maka tengah malamnya pukul 23.10 WIB, operasi sar ditutup. Semua unsur sar gabungan dikembalikan ke satuan masing-masing. (nrd) 

Share This: