Kembangkan Potensi Ekowisata

Oleh Anna Martina

KABUPATEN Penukal Abab Lematang Ilir (Pali) memiliki potensi perkembangan daerah yang cukup pesat meskipun baru berdiri 8 tahun. Hal ini dapat dilihat dari potensi ekowisata Kabupaten Pali yang sudah ada dan harus dikembangkan. Tujuannya untuk memajukan perekonomian dan membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat Kabupaten Pali.

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pali tentunya ikut andil dalam kemajuan potensi ekowisata daerah. Plt Kepala Disbudpar Pali mengatakan, ada 12 destinasi wisata yang masuk dalam Rencana Induk Pembangunan Kewisataan 2018-2028 dan tersebar di lima kecamatan yang ada di Kabupaten Pali. Semua akan dikembangkan yang bertujuan agar dapat bersaing dengan daerah lain serta setelah objek wisata dibangun akan menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Jika memang rencana tersebut telah dilaksanakan dan memiliki progres tentunya akan membawa dampak yang positif bagi perkembangan ekowisata daerah Pali dan lebih dikenal oleh masyarakat yang tak hanya warga Pali saja. Hal ini dapat dirasakan karena masyarakat lebih sering berpelancong keluar dari Kabupaten Pali untuk mencari objek wisata. Ini dapat dijadikan pertanyaan besar apakah tempat wisata yang ada di Kabupaten Pali tidak memiliki daya tarik atau masyarakat belum mengetahui adanya objek wisata tersebut. Ini juga menjadi tugas pemerintahan dan masyarakat untuk memberikan promosi objek wisata yang ada di Kabupaten Pali.

Saat ini yang masyarakat masih merasakan suasana pandemi Covid-19 dan harus membiasakan diri pada era new normal. Hal ini dapat dijadikan strategi pada sektor perkembangan wisata Kabupaten Pali agar masyarakatnya lebih mengenal dan memiliki daya tarik untuk berkunjung pada objek-objek wisata di kabupatennya sendiri tanpa harus keluar daerahnya. Objek wisata yang unik dan instragamable akan memiliki daya tarik pada anak-anak muda saat ini dan akan mempermudah mempromosikannya dari sosial media mereka masing-masing.

Dengan memperkenalkan Kabupaten Pali masyarakat harusnya membanggakan objek wisata Candi Bumi Ayu yang berada di Desa Bumiayu Kecamatan Tanah Abang dengan situs warisan peninggalan sejarah. Tak hanya Cagar Candi Bumi Ayu, Kabupaten Pali memiliki wisata air seperti Danau Konger, Danau Batanghari Siku, Danau Air Itam, Danau Priang Jaya serta Lapangan Golf dengan hamparan rumput yang hijau menjadikan daya tarik sebagai tempat wisata. Objek-objek wisata tersebut harus dikembangkan guna meningkatkan potensi Ekowisata Kabupaten Pali dan harus memiliki keseriusan untuk mengelolanya agar masyarakat tertarik untuk berkunjung dan membantu perekonomian sehingga menjadikan destinasi wisata daerah Kabupaten Pali.(*)

(Penulis adalah mahasiswi Program Studi Ilmu Perpustakaan Fakultas Adab dan Humaniora UIN Raden Fatah Palembang)

Share This: