Karhutla di Desa Parit, Api Padam 3,5 Jam

PALEMBANG, SIMBUR – Dua unit helikopter water bombing (WB) dikerahkan untuk memadamkan titik kebakaran lahan rawa gambut, purun dan belukar. Karhutla terjadi di Desa Parit, Kecamatan Indralaya Utara, Ogan Ilir.

Api dengan asap yang membumbung tinggi, meludeskan lahan sekitar 2 hektare. Helikopter WB dikerahkan untuk menjangkau wilayah sulit dan mempercepat penyekatan api, agar tidak meluas.  Satgas tergabung atas petugas BPBD Ogan Ilir, Manggala Agni, TNI-Polri, dan masyarakat peduli api, diperkuat satgas udara helikopter, berjibaku dalam pemadaman sekitar tiga jam setengah lebih, Senin (21/6) sedari pukul 13.00 WIB-16.30 WIB.

“Setelah tiga jam setengah lebih satgas darat dibantu helikopter WB, titik api dapat dipadamkan. Titik api terus dipantau Satgas Desa Peduli Api di lokasi. Patroli udara juga terus dilakukan sehingga api terkendali,” ungkap Ansori Humas BPBD Sumsel.

Terkait penyebab titik api, pihak tim pemadam terus berkoordinasi untuk mengetahui asal titik api, bila ada unsur kesengajaan. “Penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan,” tukasnya. (nrd)

Share This: