Magang Profesi Bidang Jurnalistik dan Public Relations

# Gelar Yasinan Sambut Ramadan 1442 Hijriah

 

PALEMBANG, SIMBUR –  Sejumlah mahasiswi Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakultas Dakwah dan Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang telah mengikuti kegiatan Praktik Profesi Mahasiswa (PPM) pada 10 Februari-20 Maret 2021. Kegiatan puncak sekaligus pembekalan akhir bagi mahasiswa magang tersebut berlangsung di Kantor Berita Simbur, Jumat (9/4).

Pemimpin Umum Simbur, Muhammad Azhari mengatakan,  mahasiswa jurusan ilmu komunikasi dapat memiliki ragam pilihan profesi. Di antaranya jurnalistik dan kehumasan. “Bagi mahasiswa yang berminat menjadi calon jurnalis/wartawan, setidaknya harus memiliki kompetensi dasar yang meliputi kesadaran (awareness), pengetahuan (knowledge), dan keterampilan (skill),” jelas Azhari, Jumat (9/4).

Demikian dalam bidang humas (hubungan masyarakat), mahasiswa harus mampu menjalin hubungan kemitraan terhadap publik (public relations) dan media (media relations). “Tujuannya untuk membangun reputasi dan citra positif lembaga/organisasinya di masyarakat,” terang Pemimpin Redaksi SimburSumatera.com itu.

Pada kesempatan itu, acara dikemas dengan pembacaan yasin bersama dalam rangka menyambut puasa di bulan suci Ramadan 1442 Hijriah. Azhari mengatakan, yasinan  jelang puasa Ramadan yang dilakukan pihaknya bersama mahasiswi kali ini merupakan salah satu media komunikasi untuk menjunjung tinggi nilai-nilai silaturahmi.

“Sekaligus memperkuat mental dan karakter calon karyawan/wartawan untuk meningkatkan kepekaan terhadap situasi dan kondisi sosial serta kecintaan terhadap medianya sendiri. Di samping itu, memotivasi mahasiswa magang agar kelak dapat menerapkan profesinya di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Azhari, kegiatan tersebut sekaligus mensyukuri nikmat kepada Allah swt karena media Simbur masih bertahan hingga tahun ketujuh sejak didirikan pada 7 Maret 2014. “Kami bersyukur masih diberi-Nya kesempatan. Semoga Simbur semakin maju dan berkembang,” harapnya.

Sementara, Pauziah, mahasiswi semester enam KPI UIN Raden Fatah Palembang berharap agar ilmu yang didapatkan selama magang bermanfaat baginya ke depan. “Yang paling penting ilmu yang didapat di kampus harus dipraktikkan. Kami tidak ingin sebatas kuliah magang saja tapi bisa meneruskan praktik ke depannya,” pungkasnya.

Kegiatan dilanjutkan sharing pengalaman wartawan/redaksi di lapangan yang disampaikan Denni Andriyadi. Demikian halnya pengalaman non-redaksi seperti administrasi bisnis media dipaparkan Lisa Purnama Sari kepada mahasiswa. Acara dipandu Wira Agustian sekaligus menutup kegiatan tersebut dengan doa.(rgs)

Share This: