Garap Pemerintahan Potensial

# Pemkab Muba Sinergi dengan Pemkot Bandung

SEKAYU, SIMBUR – Pemerintah Kabupaten Muba di bawah kepemimpinan Bupati Dodi Reza Alex dan Wakil Bupati Beni Hernedi, terus mendorong adanya kerja sama daerah. Upaya tersebut sebagai bagian dari strategi pembangunan daerah.

Dalam waktu dekat, Kepala Bagian Kerja sama Sekretariat Daerah Pemkab MUba Dicky Meiriando SSTP MH bakal jajaki kerja sama dengan Pemerintah Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat. Pemkab Muba telah menggelar Rapat Koordinasi Kerja sama dalam rangka Identifikasi dan Pemetaan Urusan Pemerintah Potensial yang akan dikerja samakan dengan Pemerintah Kota Bandung Provinsi Jawa Barat, Kamis (18/2) di Ruang Rapat Ranggonang Lt. III, Pemkab Muba.

Rakor dipimpin Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Yudi Herzandi SH MH dan diikuti Kepala Perangkat Daerah. Dalam rakor ini dibahas  tindak lanjut MoU sejumlah program  yang bisa dikerja samakan antar dua daerah. D iantaranya potensi destinasi pariwisata, dan kerja sama dalam pengurusan keterangan kependudukan.

Menurut Yudi Herzandi, kerja sama daerah merupakan perangkat dalam mendukung peningkatan kesejahteraan daerah dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya yang dimiliki daerah.  Identifikasi ini, lanjutnya melihat kemampuan dan pelaksanaan kerja sama daerah, dengan melihat sumber daya manusia yang dimiliki pemerintah daerah sehingga tujuan dari kerja sama tersebut terpenuhi.

Kerja sama ini bisa mensinergikan potensi antar Kabupaten Muba dengan Pemerintah Kota Bandung, serta meningkatkan pertukaran pengetahuan, teknologi dan kapasitas fiskal daerah. “Kerja sama ini tujuannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat dan pemenuhan pelayanan publik dalam rangka percepatan perwujudan Visi Muba Maju Berjaya 2022. Oleh sebab itu, perlu kami lakukan secara optimal,”ungkapnya.

Sejumlah organisasi perangkat daerah yang ikut dalam rakor sangat mendukung rencana kerja sama ini. “Kami sangat mendukung rencana kerja sama ini. Apalagi kerja sama dalam pengurusan keterangan kependudukan, sehingga mempermudah urusan masyarakat Muba yang tinggal di kota Bandung,” pungkas Kepala Disdukcapil Hj Asmarani.(red/rel)

Share This: