Jenderal Eko Indra: Jangan Lupa Sedekah

PALEMBANG, SIMBUR – Kapolda Sumsel Irjen Pol Prof Eko Indra Heri MM, menghadiri Yudisium Program Kaderisasi Ulama Mujahadah dan Pembibitan atau MABIT, angkatan I di Ponpes Al Ittifaqiah, Desa Tanjung Lubuk, Indralaya, Ogan Ilir, kemarin (18/2/21).

Dalam sambutanya jenderal bintang dua ini, menyampaikan tentang teori jumping out of the box. “Kalau kalian anak-anak santri ingin menjadi pemimpin, hendaklah kreatif dan inovatif. Skill yang hebat tidak perlu bakat, namun butuh sumber daya manusia yang hebat,” ungkapnya.

Baginda Nabi Muhammad saw sendiri, merupakan betul-betul suri tauladan. “Apa yang telah dikonsepkan junjungan kita Rasullulah, Nabi Muhammad SAW harus kita ikuti. Dengan kepemimpinannya yang siddiq (jujur), amanah (dipercaya), fathanah (cerdas) dan tabligh (menyampaikan), inilah yang paling hebat,” terangnya.

Seorang pemimpin wajib pula meminta ridho Allah swt serta kedua orang tua. “Pemimpin harus senantiasa berpikir positif. Jangan lupa menyisihkan sebagian harta, dengan shadaqah atau bersedekah. Sedekah akan membawa keberkahan umur, rezki, disamping mendapat pahala,” pesannya.

Jenderal pernah menjabat Kapolres Lahat  ini juga menegaskan, seorang pemimpin memanggul kesulitan dan beban anak buahnya. “Pemimpin yang bijaksana itu, belum tidur, sebelum anak buahnya tidur,” tegasnya.

Ia juga mengkutip kata Napoleon Bonaparte, sang kaisar sekaligus pemimpin militer Prancis, yang jago strategi. Bahwa seorang pemimpin itu harus cerdas, tegas dan berani.

“Jika anda membangun pasukan, dengan 100 singa, tapi pemimpinnya seekor anjing. Maka dalam pertarungan apa pun singa akan mati seperti anjing. Akan tetapi, jika anda membangun pasukan dengan 100 anjing, dengan pemimpinnya seekor Singa, maka semuanya akan bertempur sebagai singa,” timbangnya.

Dalam Yudisium Program Kaderisasi Ulama Mujahadah dan Pembibitan atau MABIT, angkatan I di Ponpes Al Itifaqiah, hadir pula, Kakanwil Kemenag Sumsel Dr Drs H MuchlisudIn SH MA; Bupati Ogan Ilir, Panca Wijaya Akbar SH; lalu Kajari Ogan Ilir Adi Tyogunawan SH MH. Lalu Kapolres Ogan Ilir AKBP Yusantiyo Sandhy SH SIk.

Selanjutnya Dandim OKI/OI Letkol Czi Zamroni S Sos; Ketua DPRD OI  Suharto HS SH; Kemenag OI Kholil Azmi SAg, serta Ketua Yayasan Islam Al Ittifaqiah H M Joni Rusli SPd.I; serta Mudir Ponpes Al Ittifaqiah Drs K H Mudrik Qori MA. (red/rel)

Share This: