Promosi Pariwisata di Daerah Lebih Gencar

PALEMBANG, SIMBUR – Promosi pariwisata di daerah sudah kembali gencar dilakukan. Dikarenakan, banyak daerah yang telah melakukan pelonggaran Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Maka dari itu, banyak terjadi kejutan dalam pemungutan suara Anugerah Pesona Indonesia (API) periode September 2021. Sejumlah nominasi di berbagai kategori meloncat naik dari sebelumnya saat masih berada di papan bawah kleasemen.

“Dari hasil perolehan suara sementara banyak terjadi kejutan di beberapa kategori. Terutama dengan naiknya beberapa nominasi yang sebelumnya masih berada di papan bawah kleasemen. Hal ini bisa terjadi karena banyak daerah yang sudah melakukan pelonggaran PPKM sehingga bisa melakukan kegiatan promosi dengan lebih gencar,” ungkap Hiro Kristianto, Chairman of Anugerah Pesona Indonesia, kepada Simbur, Jumat (1/10).

Disamping itu, lanjut Hiro, ada pula daerah yang berinisiatif mengundang dan memfasilitasi tim API dan para Duta Promosi untuk datang ke lokasi nominasi dan melakukan kegiatan promosi langsung di tempat tersebut. “Hal ini terbukti membawa dampak luar biasa untuk mempromosikan destinasi pariwisata sekaligus meningkatkan perolehan suara untuk nominasinya,” paparnya.

Dijelaskannya, periode pemungutan suara Anugerah Pesona Indonesia 2021 (API2021) telah berlangsung  selama 3 bulan. “Sekarang sudah masuk ke periode akhir pemungutan suara hingga ditutup pada tanggal 31 Oktober 2021 jam 24.00,” tegasnya.

Kata Hiro, panitia juga ingin menyampaikan, persiapan pelaksanaan Malam Puncak API 2021 sudah dimulai. Dari hasil survei langsung ke Kabupaten Musi Banyuasin, pihaknya menyimpulkan bahwa persiapan yang dilakukan oleh tuan rumah sudah sangat baik.

“Mulai dari pemilihan dan persiapan venue yang akan digunakan hingga koordinasi intens dengan EO pelaksana dan jajaran terkait lainnya,” papar Hiro.

Hiro menambahkan, panitia mengucapkan sampai bertemu di Kabupaten Musi Banyuasin saat pelaksanaan Malam Puncak Anugerah Pesona Indoensia 2021 yang rencana akan digelar pada 30 November 2021. “Terima Kasih kepada seluruh pihak yang telah turut berpartisipasi dan mendukung kegiatan ini. Kiranya kegiatan Anugerah Pesona Indonesia akan terus menjadi pemicu bagi pengembangan dan kebangkitan Pariwisata Indonesia,” tandasnya.

Diketahui, ada lima kabupaten/kota di Sumsel dari enam kategori yang mampu bertahan di posisi tiga besar nominasi API periode September 2021. Kelima daerah tersebut terdiri dari Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Lahat, Pagaralam, dan Lubuklinggau.

Kabupaten Ogan Komering Ilir masuk kategori Brand Pariwisata It’s OKI  sebagai peringkat ketiga dengan perolehan suara 9 persen. Sedangkan Musi Banyuasin berhasil mempertahankan dua kategori yakni Cendera Mata Gambo Muba (peringkat pertama, suara 28 persen) dan Destinasi Unik Pantai Bongen (peringkat pertama, suara 46 persen).

Selanjutnya, Kabupaten Lahat kategori Dataran tinggi, Bukit Besak (peringkat ketiga, suara 25 persen). Kota Pagaralam kategori Situs Sejarah, Megalitik Besemah (peringkat kedua, suara 29 persen). Lubuklinggau  kategori Festival Pariwisata, Festival Gendang Melayu (peringkat kedua, suara 12 persen). (maz)