Buronan Perampok Bengis Berakhir Tragis

OKU TIMUR, SIMBUR – Seorang buronan perampok bengis dan sadis, paling dicari polisi Polres OKU Timur, yakni Kiswanto (46) akhirnya, berakhir tak bernyawa, diterjang timah panas polisi, pada Jumat (26/2/21) siang.

Setelah warga Desa Kelepu, Dusun Budian, RT 05/03, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jateng, melakukan aksi perampokan sadis menyebabkan kematian korbannya.

Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon SH didampingi Kasat Reskrim AKP I Putu Suryawan dan Kanit Reskrim Ipda Alvin Siahaan mengatakan, tersangka Kiswanto merupakan, satu dari 10 komplotan perampok sadis, yang beraksi di Kecamatan Madang Suku II, OKU Timur.

Aksi perampokan itu terjadi Selasa 15 Januari 2008 sekitar pukul 19.00 WIB, dengan LP-B/07/I/2008/MDS II, tanggal 15 Januari 2008. Pelaku Kiswanto bersama 9 orang komplotannya, merampok rumah anggota polisi, berada di Desa Margotani Kp III, Kecamatan Madang Suku II, OKU Timur.

“Tersangka Kiswanto selagi melakukan perampokan, juga menembak korban hingga meninggal dunia. Pelaku merampas senpi organik milik korban, mengambil uang Rp 126 juta, serta barang-barang berharga lainnya,” kata Alvin.

Kanit Reskrim melanjutkan, aksi perampokan yang melibatkan tersangka Kiswanto, dari data kepolisian OKU Timur, tercatat ada 3 kali melakukan curas.

Dengan catatan LP-B/07/I/2008/MDS II, tanggal 15 Januari 2008. Lalu, LP-B/11/III/2013/SEK SS III, tanggal 03 Maret 2013. Serta LP-B/12/III/2013/SEK SS III, tanggal 03 Maret 2013. Penyergapan polisi terhadap tersangka Kiswanto, terjadi Kamis (25/2/21) sekitar pukul 09.00 WIB.

Selagi tersangka Kiswanto, berada di depan ATM pinggir jalan, di Swalayan Sevo, Desa Kelepu, Kecamatan Pringapus, Kabupaten Semarang, Jateng. Tetapi menurut polisi, saat akan dibekuk, tersangka Kiswanto berusaha melawan namun dapat dilumpuhkan.

Dari introgasi polisi, tersangka Kiswanto mengaku terlibat dalam perampokan bersama 9 orang komplotannya hingga korbannya tewas, di Kecamatan Madang Suku II, OKU Timur, tahun 2008 lalu.

Kiswanto juga membeberkan nama-nama terlibat perampokan bersamanya di Kecamatan Madang Suku II, OKU Timur. Mereka diantaranya, Warso telah meninggal dalam perkara lian, pelaku Indra diamankan di Polresta Jambi, pelaku Arif, pelaku Ragil dan tersangka Syarif Hidayat yang baru dibekuk polisi Polres OKU Timur.

Dari pengakuan tersangka Kiswanto, polisi kemudian melakukan pengembangan dengan memburu dan membekuk tersangka Syarif Hidayat.

“Dari keterangan Kiswanto, kita lakukan pengembangan. Hingga dapat menangkap pelaku Syarif, Jumat 26 Februari 2021 sekitar pukul 09.00 WIB di rumahnya. Syarif berusaha kabur, kita berikan peringatan tapi tidak mengindahkan, maka kita tindakan tegas terukur di kakinya,” beber Kanit Reskrim.

Sedangkan Kiswanto yang akhirnya meninggal dunia. Menurut polisi, pelaku Kiswanto berusaha kabur dan melawan, hingga terjangan timah panas dilepaskan dan menewaskan Kiswanto. “Tersangka Kiswanto meninggal dalam perjalanan, nyawanya tidak tertolong saat akan diberikan pertolongan medis ke rumah sakit,” tukas Alvin. (red/rel)