Tidak Sekadar Tren tapi Kebutuhan Muslimah

# Di Bawah Kibaran Revolusi Hijab

 

PALEMBANG, SIMBUR – Saat ini, melihat muslimah berhijab bukan lagi sesuatu yang aneh, karena kesadaran menutup aurat seorang muslimah kian hari semakin meningkat.

Disisi lain, hijab juga menjadi sebuah produk untuk pemenuhan gaya hidup dan dijadikan sebuah tren busana. Hal itu menjadi salah satu faktor munculnya berbagai brand hijab di Indonesia.

Store manager Zoya Palembang, Ifa memastikan jika produk-produk Zoya akan menjadi pilihan yang tepat bagi muslimah remaja dan juga dewasa. Dirinya mengklaim bahwa saat ini Zoya adalah brand nomor satu di Indonesia sehingga dijadikan kiblat fashion muslimah.

“Zoya adalah fashion muslim nomor satu di Indonesia, jadi bisa dikatakan Zoya menjadi kiblat bagi fashion muslim yang baru muncul,” ujarnya kepada Simbur saat ditemui, Kamis (2/5).

Untuk memenuhi kebutuhan fashion muslimah, lanjut Ifa, maka produk Zoya terus diperbaharui, dan mungkin setiap bulan bisa beberapa kali ganti model (produk baru).

“Zoya tidak melihat hijab hanya sebuah tren saja tetapi bagaimana memenuhi kebutuhan muslimah. Dimana dulunya orang menganggap hijab tidak begitu penting, sehingga owner Zoya terinspirasi ingin melindungi para muslimah Indonesia dengan mengembangkan bisnisnya,” jelasnya.

Ditambahkan, hijab bukan hanya dianggap tren agar muslimah terlihat keren tetapi lebih karena kebutuhan. Sehingga, bahan produk pun diseleksi untuk mendapatkan bahan yang bagus, dan dibuat dengan alat-alat yang canggih. “Bahkan, bisa dikatakan (produk) halal. Karena sekarang ini ada sertifikasi halal untuk bahan dan alat Zoya. Jadi, semuanya benar-benar diperhatikan, dan itu merupakan bentuk kepedulian Zoya kepada para muslimah Indonesia,” ungkapnya seraya menambahkan jika Zoya selalu mengedepankan inovasi.

Merespon maraknya muslimah yang tiba-tiba menggunakan hijab pada momen tertentu seperti bulan Ramadan, Ifa mengatakan jika hal itu juga berdampak pada omzet pasti meningkat. “Kalau bulan Ramadan retail Zoya pasti naik,” akunya.

Hal yang terpenting adalah bagaimana memenuhi kebutuhan muslimah Indonesia baik itu dari tren, bahan, dan kenyamanan. “Target kami bagaimana menjadikan Zoya sebagai brand muslim terbaik nomor satu di Palembang dan menjadi kiblat bagi muslimah Palembang. Apalagi, segmentasi kami juga mengarah ke remaja dan dewasa,” imbuhnya.

Mengenai jilbab syari (hijab) dan jilbab pada umumnya, bagi Ifa itu kembali pada kebutuhan setiap orang. Baginya, bukan masalah pengelompokan tapi manfaatnya. “Biasanya jilbab pendek itu digunakan pada saat memasak, jogging, atau aktifitas lainnya, karena Zoya sendiri memiliki produk syari juga,” jelasnya.(dfn)