Ratusan Masyarakat Olahraga Internasional Ikuti Konferensi Virtual di Universitas Bina Darma Palembang

PALEMBANG, SIMBUR – Ratusan masyarakat olahraga terdiri dari akademisi dan praktisi dunia mengikuti Internasional Conference on Education and Sport Science (INCESS) 2020. Webinar internasional tersebut digelar Program Studi Pendidikan Olahraga FKIP dan Bahasa Universitas Bina Darma Palembang, Kamis (20/8).

Ketua Prodi Pendidikan Olahraga Universitas Bina Darma Palembang, Dr Haris Satria mengatakan, seminar virtual tersebut diikuti sekitar 180 partisipan dari dalam dan luar negeri. “Partisipan188 yang hadir dari 300 orang lebih yang mendaftar. Ada 49 pemakalah. Salah satunya dari Italia,” ungkap Haris.

Sementara, Rektor Universitas Bina Darma Dr Sunda Ariana didampingi Dekan FKIP dan Bahasa Prof Waspodo MEd PhD memberikan apresiasi atas terselenggaranya webinar ini. “Terima kasih kepada keynote speaker, presenter dan peserta,” ungkap Rektor dalam bahasa Inggris, diterjemahkan Haris.

Rektor berharap akan terus dilaksanakan kegiatan serupa pada tahun-tahun selanjutnya dan menjadi agenda kegiatan reguler tahunan. “Insya Allah kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin di Prodi Pendidikan Olahraga UBD,” ungkap Rektor melalui Haris.

Diketahui, webinar internasional tersebut mengusung tema tentang pendidikan dan pembelajaran. Di samping tentang konferensi olahraga internasional. Kegiatan ini banyak membahas tentang bagaimana penerapan pembelajaran daring mata pelajaran/perkuliahan pendidikan olahraga. “Selain membahas tentang blender Learning dan juga metode pembelajaran lain yang cocok diterapkan pada masa pandemi Covid-19,” jelas Haris.

Internasional Conference ini, lanjut Haris, mengundang keynote speaker andal di bidangnya. Tidak hanya dari Indonesia tapi juga dari Philipina, Taiwan, Italia dan juga Malaysia. “Kegiatan ini terdiri dari dua sesi dengan keynote speaker, dilanjutkan dengan sesi paralel yang dibagi menjadi lima room. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring (online),” paparnya.

Disebutkan, Vincenzo Alberto Annese dari Italia membentangkan makalah bagaimana program pelatihan yang efektif dan efisien agar dapat menjaga stamina dan kondisi psikis pemain sepak bola di lingkungan FIFA memasuki era New Normal. Adapun pembicara lainnya Prof. Dr Samsul Azhar bin Shah dari Malaysia, Prof Dr Tandio Rahayu MPd dari Semarang, Indonesia, Dr Lordinio A Bergara dari Filipina, Prof Tsung-Ming Hun dari Taiwan. (kbs/rel)