Sumsel Digeser NTT, Rebut Juara Umum API Awards 2022 dari Aceh

PALEMBANG, SIMBUR – Kompetisi sengit dan hebat terus terjadi menuju kursi juara Anugerah Pesona Indonesia (API Awards) 2022. Terlihat persaingan ketat dari berbagai daerah nominasi saat memasuki masa pemungutan suara bulan ketiga periode Juli 2022. Karena itu, penyelenggara mencatat sudah lebih dari 213.000 jumlah suara yang masuk melalui semua saluran voting. Tidak ketinggalan pula, jalan menuju perebutan kursi juara umum juga semakin seru.

Hiro Kristianto, Chairman of Anugerah Pesona Indonesia mengatakan, Provinsi Aceh saat ini masih memimpin dalam perolehan poin (berdasarkan klasemen perolehan suara sementara). Meski demikian, Aceh dibayangi ketat oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT), Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) dan Provinsi Sulawesi Tenggara.

“Untuk perebutan kursi Juara Umum juga terjadi pergeseran yang cukup luar biasa. Bila sebelumnya Provinsi Sumatera Selatan yang membayangi Provinsi Aceh. Sekarang justru tergeser dengan selisih poin yang cukup besar. Posisi Sumatera Selatan digantikan oleh Provinsi Nusa Tenggara Timur yang terus melaju dengan nominasi-nominasi andalannya,” ungkap Hiro kepada Simbur, Senin (1/8).

Menurut Hiro, panitia penyelenggara mengajak seluruh pihak serta masyarakat untuk turut ambil bagian dalam memberikan perhatian dan apresiasi terhadap pariwisata kebanggaannya agar dapat menjadi yang terbaik dalam ajang Anugerah Pesona Indonesia 2022 (API Awards 2022). “Kejar mengejarnya sangat ketat. Banyak perubahan posisi yang terjadi. Ini menunjukan bahwa para kontestan semakin aktif dalam melakukan kegiatan kampanyenya,” terang Hiro.

Semua peserta, lanjut Hiro, semakin gencar dan giat melakukan kampanye untuk meraih dukungan dari masyarakat agar dapat meraih penghargaan pariwisata terbaik di Indonesia. Mulai dengan melakukan kampanye door to door ke sekolah-sekolah dan kampus, hingga melakukan acara bincang-bincang melalui media elektronik Radio dan Televisi. Bahkan ada yang melakukan acara launching nominasi yang dihadiri langsung oleh para pejabat dan kepala daerah.

“Hal-hal tersebut merupakan dinamika yang kerap terjadi selama penyelenggaraan Anugerah Pesona Indonesia. Tidak pernah habis kreativitas yang dilakukan oleh para pemerintah dengan melakukan promosi sebagai upaya menarik perhatian masyarakat untuk memberikan apresiasi dan dukungan terhadap pariwisata daerahnya,” tutupnya.

Diketahui, hanya lima kabupaten di Sumsel yang berhasil lolos tiga besar klasemen sementara API Awards 2022 periode Juli. Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) berhasil meraih juara II sementara kategori Makanan tradisional yakni Gulo Puan (16,8 persen). Selanjutnya, Kabupaten Empat Lawang meraih juara III sementara kategori Kampung Adat yakni Kampung Adat Pasemah Air Keruh (11,10 persen). Kemudian, Kabupaten Panukal Abab Lematang Ilir (Pali) meraih juara III sementara kategori Situs Sejarah yakni Candi Bumi Ayu (16 persen).

Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) meraih juara I sementara kategori Festival Pariwisata yakni Festival Pantai Bongen (24,37 persen). Selain itu, Muba juga meraih juara III sementara kategori Surga Tersembunyi yakni Danau Ulak Lia (14,96 persen). Terakhir, Kabupaten Lahat meraih juara II sementara kategori Destinasi Kreatif yakni Agro Wisata Tanjung Sakti (26,69 persen). Lahat juga meraih juara III sementara kategori Destinasi Baru yakni Ayek Pacar (16,62 persen).(red)